Bagaimana Sistem dan Prosedur Asuransi Kesehatan Cashless di Allianz?


Saat memilih asuransi, penting untuk tidak hanya memilih asuransi dengan premi terjangkau, namun juga punya fasilitas yang modern. Misalnya saja, asuransi kesehatan cashless dari Allianz Life Indonesia. Apa tepatnya fasilitas cashless dan bagaimana sistem dan prosedur asuransi cashless Allianz Life Indonesia? Semua lengkap terulas di artikel ini.

Asuransi Cashless: Definisi dan Sistem Cashless Allianz Life Indonesia

Pernahkah Anda melakukan klaim asuransi?

Jika pernah, Anda pasti sudah mengetahui bahwa sistem yang umum digunakan saat klaim asuransi kesehataan saat ini adalah sistem reimbursement.

Dalam penggunaannya, sistem reimbursement mengharuskan pengguna asuransi mengeluarkan biaya pribadi terlebih dahulu. Pengeluaran tersebut akan diganti oleh pihak asuransi ketika Anda sudah melengkapi dokumen klaim asuransi.

Dengan kata lain, Anda harus memiliki sejumlah uang terlebih dahulu untuk menangani biaya pengobatan. Selain itu, Anda juga harus melalui serangkaian proses yang tidak singkat saat hendak melakukan klaim.

Nah, dengan sistem cashless asuransi Allianz Life Indonesia, hal-hal tersebut tidak perlu lagi Anda ambil pusing.

Fasilitas cashless asuransi Allianz Life Indonesia memungkinkan Anda untuk melakukan klaim tanpa mengeluarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Anda juga tidak perlu kerepotan menyediakan berkas klaim karena proses klaim akan dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Apa manfaatnya untuk Anda? Tentu saja, Anda tidak perlu menalangi biaya pengobatan. Selain itu, anda juga tidak perlu lagi melalui rangkaian proses klaim yang panjang sehingga Anda bisa fokus ke pemulihan kesehatan Anda atau keluarga.

10 Keuntungan Menggunakan Asuransi Cashless Allianz

  1. Fasilitas cashless dari Allianz Life Indonesia merupakan asuransi cashless terbaik karena sudah memiliki pengalaman lebih dari dua dekade dan memiliki lebih dari 8 juta pengguna.
  2. Fasilitas cashless bisa Anda gunakan untuk prosedur rawat inap, rawat jalan, rawat gigi serta melahirkan, dengan detail perawatan yang sesuai dengan polis Anda.
  3. Hampir seluruh program asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia memiliki fasilitas cashless.
  4. Anda bisa mendapatkan kartu asuransi yang bisa Anda gunakan di seluruh jaringan rumah sakit Allianz Life Indonesia dan Allianz-AdMedika.
  5. Jaringan rumah sakit Allianz Life Indonesia tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas cashless Allianz Life Indonesia di rumah sakit di luar negeri.
  6. Tidak perlu menggunakan uang pribadi bahkan membongkar uang tabungan saat Anda memerlukan layanan kesehatan.
  7. Tidak perlu mengeluarkan down payment atau uang muka untuk membayar biaya rumah sakit.
  8. Proses klaim asuransi cashless bisa meniadakan proses klaim manual atau reimburse sehingga Anda bisa lebih fokus terhadap pemulihan kesehatan Anda dan keluarga.
  9. Sistem asuransi cashless Allianz Life Indonesia senantiasa terhubung dengan aplikasi eAZy-Med yang bisa Anda unduh di Play Store (Android) maupun App Store (iOS).
  10. Anda bisa dengan mudah melakukan konsultasi ataupun pembelian obat online di aplikasi Halodoc tanpa membayar karena sistem cashless sudah memotong limit klaim Anda secara otomatis.

Prosedur Penggunaan Asuransi Cashless Allianz Life Indonesia

Klaim asuransi cashless Allianz Life Indonesia bisa Anda lakukan di jaringan rumah sakit Allianz Life Indonesia maupun Allianz-AdMedika.

Selain mengetahui keuntungan asuransi cashless Allianz Life Indonesia, Anda juga perlu mengetahui prosedur klaim asuransi. Apakah prosedur klaim rumit dan memiliki banyak syarat? Jawabannya bisa Anda temukan di ulasan berikut.

Prosedur Klaim Asuransi Cashless di Jaringan Allianz

Klaim asuransi cashless di jaringan Allianz Life Indoneisa bisa Anda dapatkan untuk proses rawat inap, melahirkan, rawat jalan serta perawatan gigi. Berikut prosedurnya.

  • Untuk Pasien Rawat Inap dan Melahirkan

  1. Yang pertama, untuk melakukan klaim, Anda perlu membawa kartu asuransi Allianz Life Indonesia
  2.  dan KTP atau keterangan identitas resmi lainnya ke pihak rumah sakit penyedia layanan cashless Allianz Life Indonesia.
  3. Selanjutnya, pihak rumah sakit akan menghubungi Medical Hotline Allianz Life Indonesia untuk memproses persetujuan rawat inap.
  4. Sementara itu, Anda perlu mengisi dan menandatangani formulir pelayanan medis guna mendapatkan perawatan.
  5. Di tahap ini, proses sudah selesai. Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas rawat inap atau melahirkan tanpa mengeluarkan biaya pribadi sepeserpun.
  6. Biaya perawatan sudah menjadi pertanggungjawaban Allianz Life Indonesia dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang ada di polis Anda.
  • Untuk pasien Rawat Jalan dan Rawat Gigi

  1. Tidak jauh berbeda dengan proses rawat inap, untuk melakukan klaim, Anda perlu membawa kartu asuransi Allianz Life Indonesia dan KTP atau keterangan identitas resmi ke rumah sakit penyedia layanan cashless Allianz Life Indonesia.
  2. Selanjutnya, pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi manfaat sesuai dengan polis Anda berdasarkan informasi yang tertera di kartu.
  3. Setelah itu, Anda sudah bisa menjalani proses rawat jalan atau rawat gigi tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
  4. Biaya perawatan rawat jalan atau rawat gigi Anda sudah menjadi pertanggungjawaban Allianz dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang ada di polis Anda.

Prosedur Klaim Asuransi Cashless di Jaringan Allianz-AdMedika

Klaim asuransi cashless di jaringan Allianz-AdMedika bisa Anda dapatkan untuk proses rawat inap, melahirkan, rawat jalan serta perawatan gigi. Berikut prosedurnya.

  • Untuk Pasien Rawat Inap dan Melahirkan

  1. Yang pertama, untuk melakukan klaim, Anda perlu membawa kartu asuransi Allianz Life Indonesia serta KTP atau keterangan identitas resmi lainnya ke pihak rumah sakit penyedia layanan cashless Allianz-AdMedika.
  2. Selanjutnya, pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi kepesertaan Anda dengan cara menggesek kartu asuransi Allianz Life Indonesia.
  3. Setelah itu, pihak rumah sakit akan mengirimkan laporan medis awal ke Allianz-AdMedika guna penerbitan surat jaminan.
  4. Sementara itu, Anda perlu mengisi dan menandatangani Formulir Pelayanan Medis dan Surat Pernyataan dari AdMedika.
  5. Di tahap ini, proses sudah selesai. Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas rawat inap atau melahirkan tanpa mengeluarkan biaya pribadi sedikitpun.
  6. Biaya perawatan sudah menjadi pertanggungjawaban Allianz Life Indonesia dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang ada di polis Anda.
  • Untuk pasien Rawat Jalan dan Rawat Gigi

  1. Tidak jauh berbeda dengan proses rawat inap, untuk melakukan klaim rawat jalan dan rawat gigi, Anda perlu membawa kartu asuransi Allianz Life Indonesia dan KTP atau keterangan identitas resmi ke rumah sakit penyedia layanan cashless Allianz Life Indonesia.
  2. Selanjutnya, pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi manfaat sesuai dengan polis Anda dengan cara menggesek kartu.
  3. Setelah itu, sistem Allianz-AdMedika melakukan validasi kepesertaan dan manfaat sesuai dengan polis Anda.
  4. Di tahap ini, proses verifikasi sudah selesai dan Anda sudah bisa menjalani proses rawat jalan atau rawat gigi tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
  5. Biaya perawatan rawat jalan atau rawat gigi Anda sudah menjadi pertanggungjawaban Allianz Life Indonesia dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang ada di polis Anda.

Prosedur Klaim Asuransi Cashless Luar Negeri

Sebelumnya, artikel ini menjelaskan mengenai klaim di rumah sakit luar negeri sebagai salah satu keunggulan fasilitas cashless Allianz Life Indonesia. Bagaimana prosedur klaim-nya? Apakah berbeda dengan prosedur klaim di rumah sakit dalam negeri?

Berikut penjelasannya:

  1. Untuk klaim perawatan di luar negeri, Anda perlu menghubungi Call Center AdMedika atau International Assistance (IA) Allianz sambil menyiapkan dokumen yang diperlukan.
  2. Tim AdMedika dan IA akan berkoordinasi dan melakukan validasi guna penerbitan surat jaminan.
  3. Jika surat jaminan berhasil terverifikasi, IA akan menghubungi rumah sakit jaringan Allianz yang akan Anda tuju untuk memastikan ketersediaan tempat dan dokter yang Anda butuhkan.
  4. Setelah itu, IA akan mengonfirmasikan jawaban pihak rumah sakit pada pihak AdMedika. Kemudian, AdMedika akan menginfokan hasilnya kepada Anda.
  5. Anda akan mendapatkan Appointment Letter sebagai syarat menerima pelayanan kesehatan. Selain itu, Anda juga perlu memberikan kartu peserta asuransi Allianz Life Indonesia serta kartu identitas resmi.
  6. Selanjutnya, proses administrasi akan berjalan. Setelah proses ini selesai, pihak rumah sakit akan menerima surat jaminan awal yang menandakan Anda sudah bisa menerima perawatan.
  7. Anda bisa menerima perawatan menggunakan asuransi cashless Allianz Life Indonesia sesuai dengan polis Anda.

Ketentuan Saat Terdapat Ekses Klaim

Sudah menjalani prosedur sesuai dengan ketentuan dan manfaat yang tertera di polis, namun ternyata terdapat ekses klaim atau kelebihan jumlah biaya rumah sakit.

Di saat seperti itu, apa yang harus Anda lakukan?

Jika biaya yang dibebankan melebihi manfaat yang bisa Anda dapatkan, nominal tersebut perlu Anda bayarkan secara pribadi.

Tim Allianz Life Indonesia akan memproses kelebihan biaya melalui perusahaan yang mewakili Anda, ataupun memproses langsung kepada Anda sebelum keluar dari rumah sakit.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan akan munculnya ekses klaim susulan setelah Anda keluar dari rumah sakit. Tagihan ini perlu Anda bayar dalam waktu 14 hari kalender.

Klaim Cashless Saya Ditolak, Apa Penyebabnya?

Bagaimana jika terdapat penolakan saat klaim asuransi cashless Allianz Life Indonesia? Anda tidak perlu panik dulu. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek ketentuan-ketentuan berikut:

  1. Yang pertama, cek rumah sakit yang Anda datangi. Proses klaim cashless tidak akan bisa Anda lakukan di rumah sakit yang bukan merupakan jaringan Allianz Life Indonesia dan Allianz-AdMedika.
  2. Kemudian, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan pelayanan secara medis. Pihak rumah sakit bisa memberikan rekomendasi melalui laporan medis awal.
  3. Selanjutnya, cek status polis Anda. Jika polis Anda dalam keadaan tidak aktif atau habis masa berlaku, proses klaim tidak bisa Anda lanjutkan.
  4. Keempat, pastikan apakah Anda masih memiliki tanggungan kelebihan biaya yang belum Anda bayarkan. Proses klaim tidak bisa berlanjut jika Anda memiliki ekses klaim yang belum lunas.
  5. Kelima, pastikan Anda sudah melewati masa tunggu polis asuransi Anda. Masa tunggu setiap program asuransi berbeda-beda, maka dari itu pastikan Anda sudah tidak sedang dalam masa tunggu.
  6. Yang terakhir, pastikan pelayanan yang Anda butuhkan merupakan pelayanan yang memang merupakan bagian dari manfaat yang tertera di polis Anda. Asuransi cashless Allianz tidak bisa memproses klaim untuk layanan yang bukan manfaat polis Anda.
  7. Jika keenam langkah tersebut sudah Anda lakukan, namun klaim Anda tetap ditolak, Anda bisa menghubungi call center Allianz-AdMedika dan customer service Allianz guna pengecekan lebih lanjut. Apabila perlu, akan ada penggantian kartu asuransi.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai sistem asuransi cashless dan prosedur klaim asuransi cashless Allianz. Semoga penjelasan tersebut bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Untuk memilih penyedia layanan asuransi, Anda tidak bisa memilih dengan asal-asalan. Banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Tidak hanya memilih asuransi kesehatan cashless premi murah, namun juga persebaran jaringan rumah sakit yang merata. Dan asuransi Allianz Life Indonesia adalah jawabannya.

Sebagai penyedia asuransi kesehatan cashless, Allianz siap membantu Anda dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk Anda dan keluarga. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program dan manfaat asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia, Anda bisa mengunjungi situs resmi Allianz Life Indonesia.

 

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

NAP :

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15 

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, 

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / ContactUs@allianz.co.id

 

Google Maps :

 

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan asuransi cashless di Allianz dan apa manfaatnya untuk pengguna layanan?
    Jawab: Asuransi cashless Allianz Life Indonesia adalah layanan pembayaran non-tunai untuk asuransi Allianz. Fasilitas cashless asuransi Allianz Life Indonesia memungkinkan Anda untuk melakukan klaim tanpa mengeluarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Anda juga tidak perlu kerepotan menyediakan berkas klaim karena proses klaim akan dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Apa manfaatnya untuk Anda? Tentu saja, Anda tidak perlu menalangi biaya pengobatan. Selain itu, anda juga tidak perlu lagi melalui rangkaian proses klaim yang panjang sehingga Anda bisa fokus ke pemulihan kesehatan Anda atau keluarga.

  1. Bagaimana tahapan prosedur klaim asuransi cashless untuk pasien rawat jalan dan rawat gigi?
    Jawab: Prosedur dari klaim asuransi untuk pasien rawat jalan dan rawat gigi adalah sebagai berikut:
    a. Anda perlu membawa kartu asuransi Allianz Life Indonesia dan KTP atau keterangan identitas resmi ke rumah sakit penyedia layanan cashless Allianz Life Indonesia.
  2. Selanjutnya, pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi manfaat sesuai dengan polis Anda berdasarkan informasi yang tertera di kartu.
  3. Setelah itu, Anda sudah bisa menjalani proses rawat jalan atau rawat gigi tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
  4. Biaya perawatan rawat jalan atau rawat gigi Anda sudah menjadi pertanggungjawaban Allianz dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang ada di polis Anda.
  5. Bagaimana langkah-langkah klaim pelanggan cashless jika klaim tersebut ditolak?
    Jawab: Jika klaim asuransi cashless ditolak maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
    1. Yang pertama, cek rumah sakit yang Anda datangi. Proses klaim cashless tidak akan bisa Anda lakukan di rumah sakit yang bukan merupakan jaringan Allianz Life Indonesia dan Allianz-AdMedika.
  6. Kemudian, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan pelayanan secara medis. Pihak rumah sakit bisa memberikan rekomendasi melalui laporan medis awal.
  7. Selanjutnya, cek status polis Anda. Jika polis Anda dalam keadaan tidak aktif atau habis masa berlaku, proses klaim tidak bisa Anda lanjutkan.
  8. Keempat, pastikan apakah Anda masih memiliki tanggungan kelebihan biaya yang belum Anda bayarkan. Proses klaim tidak bisa berlanjut jika Anda memiliki ekses klaim yang belum lunas.
  9. Kelima, pastikan Anda sudah melewati masa tunggu polis asuransi Anda. Masa tunggu setiap program asuransi berbeda-beda, maka dari itu pastikan Anda sudah tidak sedang dalam masa tunggu.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Sistem dan Prosedur Asuransi Kesehatan Cashless di Allianz?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel