Cara Mengobati Jantung Koroner Dengan Mengkudu

Di balik mengkudu yang jelek dan bau, ternyata mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman mengkudu (Noni-Bahasa Inggris) merupakan tanaman tahunan (perennial) yang tumbuh dengan tinggi antara 3-8 m. Batang tanaman ini keras dan berkayu dan juga memiliki banyak dahan. Daun termasuk daun tunggal, terdiri dari satu daun masing-masing petiolus. Daun berbentuk oval, dengan panjang 10-40 cm dan lebar antara 15-17 cm, tergantung pada tingkat kesuburan tanaman.

Tanaman mengkudu dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut, suhu udara antara 22 ° C -30 ° C, tapi masih bisa tumbuh sampai suhu 32 ° C Kelembaban udara antara 50-70%, curah hujan antara 2000-3000 mm / tahun, dan sinar matahari yang cukup. Naungan mengkudu toleran atau keadaan teduh, sehingga cocok ditanam di halaman. Noni membutuhkan pH antara 5,5-6,5 dengan struktur subur, banyak mengandung humus, memiliki aerasi dan drainase yang baik.

Bagian terpenting dari tanaman ini adalah daun dan buah. Daun mengkudu memiliki rasa yang agak tidak enak atau sedikit pahit, tetapi memiliki vitamin A yang sama tinggi dengan daun kacang, daun kayu manis, daun singkong, wortel, dan daun pepaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak zat-zat penting yang terkandung dalam buah mengkudu yang terdiri dari terpenoid, pewarna, anti-bakteri, glucuronide asam, getah Arab, galaktosa, arabinosa, rhamnos, gizi, scopoletin, anti-kanker (damnacanthal) dan xeronine dan proxeronine .

Daun muda mengkudu berkhasiat sebagai anti-kanker, obat muntah empedu, penyakit ginjal, cedera, pilek (sebagai tapal pada perut), disentri, penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi dan meningkatkan stamina. Dan buah muda mengkudu juga bisa dibuat salad.

Mengobati Jantung Koroner Dengan Mengkudu

Untuk mengatasi penyakit jantung koroner dengan mengkudu tidak terlalu sulit bahkan tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi mengkudu baik buah ataupun daunnya secara rutin dan teratur setiap hari. Anda bisa membuat jus buah mengkudu ataupun mengkosumsi daun muda mengkudu sebagai salad atau lalapan.

Untuk membuat jus buah mengkudu Anda bisa menambahkan madu asli kedalamnya supaya rasanya tidak terlalu buruk di lidah Anda. Jika tidak Andapun bisa menambahkan gula merah, tetapi jika Anda sanggup Anda bisa juga dengan mengkonsumsi jus mengkudu tersebut tanpa campuran apapun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah 2 kali sehari di pagi hari dan malam menjelang beristirahat.

Dari penelitian yang dilakukan Tim Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika , Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT telah melakukan uji preklinis sari buah mengkudu dengan menggunakan hewan coba. Hal ini dilakukan guna memberikan klarifikasi ilmiah (meski terlambat) terhadap klaim khasiat mengkudu.

Dari berapa hasil penelitian, selain berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit diatas. Mengkudu juga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah hipertensi, diabetes dan kolestrol.

Khasiat yang luar biasa dari tanaman yang terlihat buruk dan kadang di sepelekan. Jangan menyepelekan suatu hal yang terlihat buruk, karena kita belum tahu apa yang terdapat didalamnya.

|| http://kebunmanggis.web.id/cara-mengobati-jantung-koroner-dengan-mengkudu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *